Kemana UMKM dapat Mengajukan Pinjaman Dana Selain Bank? Ini Jawabannya!

  • Whatsapp
Kemana-UMKM-dapat-Mengajukan-Pinjaman-Dana-Selain-Bank-Ini-Jawabannya
Foto dari Canva

Pandemi virus corona bisa dipastikan menimbulkan dampak di berbagai sektor. Pada sektor ekonomi, sebut saja UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) menjadi salah satu yang terkena imbasnya. Di masa pandemi banyak UMKM yang terpaksa harus gulung tikar lantaran turunnya tingkat konsumsi masyarakat. Hal ini menyebabkan pendapatan dan omset UMKM menurun tajam, sehingga menyebabkan kendala keuangan. Dan buntut selanjutnya berimbas juga terhadap karyawannya yang harus mengalami pemberhentian kerja. Saat ini sebagian besar UMKM sudah mulai bangkit lagi. Namun kendala modal menjadi masalah yang cukup pelik. Meminjam di bank tentu memiliki resiko yang cukup tinggi di tengah ketidakpastian ini. Lalu kemana UMKM dapat mengajukan pinjaman dana selain bank?

Untuk menjawab pertanyaan ini kemana UMKM dapat mengajukan pinjaman dana selain bank?, ternyata pemerintah tidak tinggal diam. Pemerintah menyadari jika UMKM merupakan pilar terpenting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Dimana adanya UMKM turut membantu meningkatkan kesejahteraan, pemerataan distribusi pendapatan, serta pengaman sosial. Oleh karena itu lewat LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir) yang berada di bawah Kementerian Koperasi dan UMKM, membantu untuk menyalurkan pinjaman atau pembiayaan dana bergulir kepada Koperasi dan UMKM.

Read More

Alurnya nanti, para UMKM bisa datang ke Koperasi untuk melakukan peminjaman dana. Untuk memperoleh pinjaman atau pembiayaan ini, para UMKM diharuskan menjadi anggota Koperasi. Sehingga para pelaku usaha mikro dan kecil bisa dilayani menggunakan pola ini. Nantinya LPDB-KUMKM lah yang menjadi pintu pertama bagi Koperasi. Kelebihan dari pembiayaan atau pinjaman LPDB-KUMKM ini, antara lain:

  1. Lembaga Pemerintah yang sudah terpercaya.
  2. Memiliki suku bunga rendah.
  3. Proses yang cepat.

Jadi sudah tidak perlu bingung lagi kemana UMKM dapat mengajukan pinjaman dana selain bank. Karena dengan adanya LPDB-KUMKM dengan perantara Koperasi juga tentunya, para UMKM bisa mulai menata kembali bisnisnya yang sempat tumbang akibat pandemi virus corona. Adanya pembiayaan dana bergulir dari LPDB ke Koperasi pun juga akan memberikan dampak positif. Dimana mampu menciptakan koperasi modern yang bisa meningkatkan potensi ekspor UMKM. Koperasi modern yang dimaksud ini adalah koperasi yang sehat secara keuangan dan memiliki prospek usaha yang layak untuk dibiayai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *