Ingin Aktivitas Lancar Saat Haid? Lakukan 5 Hal Berikut

  • Whatsapp
Ingin-Aktivitas-Lancar-Saat-Haid?-Lakukan-5-Hal-Berikut
Foto dari Canva Pro

Setidaknya 7 hari dalam satu bulan, kaum hawa akan mengalami perubahan hormon saat menstruasi. Bahkan untuk beberapa wanita perubahan emosi negatif terjadi beberapa hari sebelum waktu datang bulan. Dalam kondisi ini emosi menjadi tidak stabil dan sulit dikendalikan.

Beberapa wanita akan membiarkan saja, karena ketika masanya tiba akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, banyak yang berusaha untuk mengurangi efeknya sehingga tidak memberikan efek negatif bagi diri sendiri dan orang di sekitar.

Read More

Kegiatan Saat Haid yang Bikin Nyaman

Ada beberapa kegiatan yang akan memberikan dampak positif apabila dilakukan saat sedang datang bulan. Beberapa kegiatan ini seringkali diabaikan dan tidak dilakukan karena dianggap akan mengganggu masa-masa menstruasi. Apa saja kegiatannya, silakan baca poin-poin ini:

1. Penuhi Asupan Kalsium Tubuh

Olahan susu memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat tengah datang bulan, tapi bukan berarti kalsium merupakan pantangan bagi wanita yang sedang haid. Malah, sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang di dalamnya terkandung kalsium.

Patut Anda ketahui bahwa kalsium akan bekerja di otak sebagai peringan rasa cemas dan menurunkan gejala depresi. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi vitamin D untuk membantu mengatasi perubahan emosional yang ekstrem.

2. Olahraga

Hormon saat menstruasi memang cenderung menimbulkan rasa malah. Selain itu, rasa nyeri juga membuat Anda enggan melakukan aktivitas seperti berolahraga. Kram perut yang terjadi saat haid dapat diminimalkan dengan berolahraga. Karena gerakan olahraga dapat melemaskan otot dan sendi.

Namun, olahraga yang disarankan adalah olahraga ringan, seperti lari jarak pendek atau lari pagi, senam ringan, berenang, bersepeda, dan berbagai olahraga ringan lainnya yang tidak memerlukan banyak tenaga atau pergerakan berlebihan.

3. Menari

Ternyata ada kegiatan yang sangat mudah dilakukan untuk memperbaiki mood juga menjaga kondisi tubuh saat menstruasi, yaitu menari. Dengan menari diiringi musik, Anda akan menjadi lebih rileks dan menimbulkan rasa bahagia.

Selain membantu agar Anda tetap bahagia, menari juga akan membakar kalori, membantu menjaga serta meningkatkan fleksibilitas sendi, mengurangi nyeri, serta memperlancar haid. Yang satu ini patut Anda coba.

4. Perbanyak Minum Air Putih Hangat

Saat haid banyak darah yang dikeluarkan dan menyebabkan suhu tubuh menurun. Selain itu, juga membuat rasa nyeri dan kembung yang jika dibiarkan akan semakin menyakitkan. Untuk mengatasinya Anda bisa mengonsumsi lebih banyak air putih hangat dan menghindari minum air es atau minuman dingin lainnya.

Ketika rasa nyeri cukup parah cobalah berbaring dengan memposisikan area panggul lebih tinggi. Hal ini akan mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Anda dapat juga menggunakan kompres hangat yang diletakkan pada perut atau pinggang untuk mengurangi efek nyeri.

5. Mencuci Muka Menggunakan Sabun Salicylic Acid

Saat menstruasi atau sebelumnya, masalah yang sering mengganggu adalah jerawat. Masalah ini akan mengganggu penampilan dan menimbulkan stres sehingga memicu perubahan hormon yang makin tidak terkendali.

Untuk mengatasi jerawat Anda dapat menggunakan sabun dengan kandungan salicylic acid yang bisa membantu menurunkan produksi minyak di kulit. Rajinlah mencuci muka dengan sabun ini ketika siklus haid mendekat dan kurangi asupan makanan berminyak. Jangan lupa konsumsi lebih banyak sayuran dan buah.

Perubahan hormon saat menstruasi dan perasaan tidak nyaman yang muncul memang sangat mengganggu. Namun, daripada membiarkannya begitu saja, Anda dapat mengatasi hal ini dengan beberapa cara yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *