5 Tanda Mobil Bekas Tidak Layak Anda Beli

  • Whatsapp
5-Tanda-Mobil-Bekas-Tidak-Layak-Anda-Beli
Foto dari toyota.astra

Pasar mobil bekas di Indonesia masih menjadi pangsa besar pabrikan kelas atas seperti Toyota. Apalagi mobil keluaran pabrikan Jepang itu memiliki dominasi pasar yang cukup tinggi, salah satunya adalah Avanza. Ya, Anda bisa mendapatkan mobil bekas Avanza dengan harga yang lebih terjangkau selama membeli di pusat jual beli mobil bekas yang kredibel. Jangan mudah tergoda harga mobil bekas murah, tetapi tidak ada jaminan kualitas dan orisinalitas komponen mobil.

Tanda mobil bekas Avanza kurang berkualitas

Jika mendapatkan penawaran harga murah, sebaiknya Anda mengecek apakah mobil Avanza masih bagus atau tidak. Dewasa ini, Anda bisa membeli mobil bekas lewat katalog online, tetapi pastikan untuk mengecek beberapa poin penting berikut :

Read More

1. Kelengkapan surat mobil

Hal prioritas yang harus Anda cek adalah kelengkapan dokumen kendaraan yang dijual. Mobil bekas wajib memiliki BPKB dan STNK resmi yang dikeluarkan pihak berwenan agar Anda tidak tertipu mobil bodong yang menggunakan surat palsu.

Bila Anda mendapatkan penawaran harga terlalu murah, bisa jadi mobil tidak dilengkapi surat menyurat lengkap. Daripada Anda terkena risiko tilang atau pelanggaran hukum karena membeli mobil hasil kriminalitas, sebaiknya pilih transaksi jual beli mobil bekas yang aman.

2. Mobil bekas banjir

Membeli mobil bekas Avanza dari ibukota acap terkendala dengan kasus mobil bekas banjir. Ya, Anda harus waspada saat memilih mobil bekas yang dibandrol harga lebih murah.

Bisa jadi mobil yang terkena banjir telah mengalami perubahan di berbagai sektor baik desain eksterior hingga kerusakan komponen mesin mobil tersebut. Jika Anda berencana beli mobil bekas banjir dengan harga super murah, pastikan memiliki dana besar untuk melakukan perbaikan kendaraan di bengkel.

3. Mobil modifikasi

Membeli mobil bekas bukan hanya terpatok pada harga murah yang ditawarkan, tetapi Anda harus mengecek keseluruhan mobil dan fitur yang berfungsi dengan baik. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang lebih banyak, tetapi salah membeli mobil hasil modifikasi yang tidak sesuai keinginan.

Bisa jadi penggantian komponen tertentu pada mobil bisa berdampak pada masalah kualitas, misalnya bahan bakar menjadi lebih boros, tarikan kurang nyaman dan lain-lain.

4. Pernah mengalami kecelakaan

Hindari membeli mobil bekas bekas tabrakan atau kejadian kecelakaan di jalan raya. Pasalnya, harga mobil bekas Avanza yang pernah mengalami tabrakan bisa saja lebih murah dibandingkan kendaraan pemakaian pribadi yang terjaga. Ajak teman Anda yang lebih ahli dalam melihat seluruh komponen mobil agar tahu jenis mobil bekas tabrakan atau tidak.

5. Mobil tidak pernah diservis

Mobil bekas yang berkualitas pasti dirawat sepenuh hati oleh pemilik sebelumnya. Anda bisa mengecek buku servis berkala yang dimiliki, termasuk meneliti komponen-komponen mobil yang terjaga dengan baik.

Bila mobil berada dalam kondisi kurang terawat seperti aki rusak, ban mulai gundul, kabin yang kotor, dan lain-lain, maka urungkan niat membeli kendaraan tersebut. Bisa jadi Anda memerlukan biaya lebih besar untuk melakukan perbaikan atau perawatan mobil kedepannya.

Mobil bekas Avanza yang berkualitas bisa Anda pilih di toko jual beli mobil bekas yang terpercaya. Membeli mobil bekas memerlukan ketelitian tinggi agar tidak salah pilih kendaraan yang tidak layak pakai. Mobil bekas yang terawat bisa menjadi kendaraan pribadi atau sarana akomodasi bisnis Anda yang menguntungkan.

Mau beli kendaraan bekas secara kredit atau tunai, sebaiknya Anda melakukan kalkulasi pembelian lebih dahulu. Simulasi kredit yang baik akan mendukung finansial Anda tidak terganggu meskipun membeli mobil bekas pada masa pandemi. Membeli mobil bekas yang untung tanpa buntung, siapa yang menolak kesempatan fantastis ini?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *