5 Cara Menjaga Kopling Mobil yang Baik

  • Whatsapp
5-Cara-Menjaga-Kopling-Mobil-yang-Baik
Foto dari Canva Pro

Mobil kopling manual masih menjadi salah satu kendaraan favorit meskipun mobil transmisi matic mulai bermunculan. Pasalnya, mobil manual dianggap memiliki akselerasi yang lebih bagus, sistem engine breaking yang lebih efektif, hemat bahan bakar, dan alasan lain. Tidak heran kalau penjualan mobil manual tetap tinggi di pasaran Indonesia yang memiliki kondisi jalan menantang di berbagai daerah. Supaya mobil manual Anda tetap awet, maka pastikan tahu cara menjaga setelan kopling mobil dengan benar, ya!

Cara merawat kopling mobil

Kopling mobil harus Anda rawat dengan baik agar kinerja kecepatan mesin sesuai dengan keinginan sang pengendara. Pastikan Anda tahu setelan kopling mobil dengan benar dengan mengatur ketinggian pedal kopling dan jarak bebas kendaraan tersebut. Berikut cara merawat kopling mobil agar bisa berfungsi dengan baik yaitu :

Read More

1. Tidak menggunakan setengah kopling dalam berkendara

Jika Anda berkendara dan terpaksa menggunakan setengah kopling, maka usahakan melakukan hal ini saat suhu kopling turun, ya!

2. Hindari menerjang banjir

Mobil yang Anda paksa menerjang banjir bisa membuat kopling lebih cepat rusak. Pasalnya, sistem kerja mobil Anda akan rusak karena air masuk kedalam mesin kendaraan Anda tersebut. Air dan lumpur bisa membuat mesin kendaraan berkarat, rusak dan perlu biaya perbaikan yang tinggi. Mobil bekas  yang terkena banjir pun memiliki harga jual yang lebih rendah sehingga Anda mengalami kerugian finansial lebih banyak.

3. Rajin mengganti minyak rem secara berkala

Selalu upayakan untuk melakukan pemeriksaan volume minyak rem kendaraan Anda dan tambahkan volume bila sudah mulai habis. Kondisi minyak rem yang habis bisa membuat kopling selip, sedangkan volume minyak rem yang berlebihan bisa menyebabkan kopling kendaraan alami blong. Tentu kopling yang blong bisa membuat keselamatan Anda di jalan raya sangat berbahaya.

4. Melakukan penyetelan pada celah kopling

Perlu lakukan penyetelan pada celah kopling untuk membuat transisi energi dari mesin lebih lancar. Atur mur penyetel ke arah yang Anda inginkan bila masih dalam tahap belajar menyetir mobil manual.

5. Lakukan penggantian kopling kendaran

Sebaiknya Anda tidak membiarkan kendaraan roda empat tidak digunakan dalam waktu lama. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada kopling mobil Anda sehingga menyebabkan risiko keselamatan di jalan raya. Selalu lakukan pemanasan mesin kendaraan dengan keliling sekitar bila Anda memang tidak menggunakan kendaraan setiap hari.

Kopling bisa rusak bila tidak digunakan secara konsisten, tetapi penggunaan yang terlalu sering bisa membuat kopling mengalami hal yang sama.  Selalu ganti kopling bila Anda menemukan tanda kerusakan seperti akselerasi mobil mulai turun, pedal kopling tampak lebih tinggi, bau hangus yang tercium, mesin mobil menjadi cepat panas, kopling los atau berbunyi saat diinjak, dan lain-lain.

Bila kendaraan Anda rajin melakukan touring ke luar daerah, maka selalu lakukan penggantian secara berkala, ya! Apalagi mobil Anda yang sudah melakukan perjalanan lebih dari 30-50 ribu kilometer, perhatikan ketahanan kampas kopling mobil tersebut.

Kopling adalah komponen penting yang memutus dan menyambung roda kendaraan dengan transmisi kendaraan. Tidak heran bila komponen mobil bisa berfungsi dengan baik kalau Anda rajin mengecek kondisi setelan kopling mobil dengan benar. Perawatan dan penggantian kampas kopling mobil harus dilakukan secara berkala demi mencegah risiko kecelakaan akibat kopling mobil yang menipis. Yuk, rawat kopling mobil manual Anda dengan baik agar bisa beroperasi aman dan bebas risiko keselamatan di jalan raya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *